4 ‘dampak sosial’ yang bisa muncul kalau rokok harganya Rp 50 ribu/bungkus

February 27, 2018
1541 Views

Selama ini pengamat melihat lestarinya budaya rokok di Indonesia karena harganya yang murah. Makanya baru-baru ini muncul wacana dari pemerintah untuk menaikkan harga rokok sampai Rp 50 ribu per bungkus.

Ketua DPR, Ade Komarudin, sih hari ini juga ngomong tuh ke media kalau dia setuju pemerintah menaikkan harga rokok jadi goban per bungkus. Katanya selain bisa meningkatkan pendapatan cukai negara, harga tinggi juga bisa mencegah pelajar dan warga miskin dari membeli rokok.

Yah, di luar dari aspek ekonomi dan politik, kenaikan rokok ini juga jelas akan berdampak ke masyarakat. Dan netizen udah memprediksi 4 dampak dari kenaikan harga rokok bagi masyarakat dengan meme-meme berikut.

Dampak psikologi

Dampak kenaikan rokok ini bisa berdampak ke mental para perokok. Mulai dari yang merokok sebanyak-banyaknya mumpung murah, membohongi diri sendiri dengan berhenti merokok tapi bilangnya bukan karena kenaikan harga, sampai ke perilaku egois dalam berbagi rokok.
 

 

Maap2 aja ini sih, bukanya pelit bo @dagelan @memeinajah  #dagelan #memeinajah #kamitidakpanik

A photo posted by 77DRacula (@77dracula) on

 

Santai sih, temen banyak ini #naikskuter #vespa #vespabrazil #rokok #50rb

A photo posted by VBC1M (@vespabrazil) on

 

#kamitidakpanik

A photo posted by isro bianur (@mas_isro) on

Menghisap yang lain

Bagi perokok, sensasi menghisap rokok itu memiliki kenikmatan tersendiri yang sulit untuk dihentikan. Nah, netizen khawatir kalau rokok nantinya Rp 50 ribu sebungkus, para perokok jadinya nanti malah menghisap yang lain. Kalau menghisap si ‘daun kering’ mungkin gak aneh ya (soalnya walaupun dilarang di Indonesia, seruan untuk melegalkan ganja masih ada di negara kita), yang dikhawatirkan itu kalau nantinya perokok jadi beralih hisap asap knalpot motor atau malah nge-hap!
 

 

Hap. . . . #naikskuter #vespa #memeinajah #dagelan #hap #kamitidakpanik

A photo posted by naikskuterdotcom (@naikskuter) on

 

Note to government: Tembakau bukan satu-satunya hasil alam yang bisa dirokok.#riprokok #rokok

A photo posted by Amal N.M. (@amalblast) on

 

Masih ada knalpot yg berasap, weks . . . Photo @randyslowridas #vespa #memevespa #thebokongers #kamitidakpanik

A photo posted by meme vespa (@memevespa) on

Harga barang lain ikutan naik

Nah, ini juga jadi perhatian netizen nih, kalau-kalau kenaikan harga rokok mempengaruhi produk lain! Walaupun bukan sumber energi kayak bahan bakar minyak, tapi rokok tuh udah jadi bagian kehidupan yang masuk dalam rantai ekonomi. Jadi banyak netizen yang berharap harga rokok gak memengaruhi harga-harga barang berikut.
 

 

#saveanakkost #rokok #kamitidakpanik

A photo posted by Reza Fahlevi (@marezafahlevi) on

 

Kami akan panik kalo harga pinsil alis “pipa” naik #memeinajah #kamitidakpanik #memesdaily #memeindonesia

A photo posted by elin farlina (@ellfalina) on

 

Meningkatnya makna rokok

Netizen juga khawatir kalau kenaikan harga rokok bisa menggeser persepsi masyarakat akan rokok. Kalau awalnya rokok tuh diterima sebagai kebutuhan sekunder (bahkan primer), bisa jadi nantinya rokok tuh dianggap barang tersier, barang mahal. Jadi yang bisa tetap beli rokok tiap hari tuh pasti orang kaya. Plus, ekspresi ‘sebatang dulu’ untuk berpikir atau rehat dalam kepenatan bisa jadi nantinya bukan pas menghadapi masalah pekerjaan saja, tapi untuk mengatasi masalah yang lebih rumit.
 

 

HARGA ROKOK 50 RIBU PERBUNGKUS AJA ABANG BELI.. APA LAGI AJAK ADEK TOURING DAN SHOPING #kamitidakpanik

A photo posted by BRENGSEXBROTHER (@brengsexbrother) on

 

#rokok #humor #kapannikah #kapankawin #lucu #humorperempuan #kutipan #katakatalucu

A photo posted by Humor Perempuan (@humorperempuan) on

 

 

 

 

 

 

Share your thoughts

You may be interested

Kreator Spongebob meninggal, netizen Indonesia bikin meme pengajian
Viral
0 shares26248 views
Viral
0 shares26248 views

Kreator Spongebob meninggal, netizen Indonesia bikin meme pengajian

Batok.co - Nov 30, 2018

Selamat jalan Stephen Hillenburg.

Nyebrangin papan, motornya selamat orangnya nyebur (video)
Viral
0 shares7204 views
Viral
0 shares7204 views

Nyebrangin papan, motornya selamat orangnya nyebur (video)

Batok.co - Nov 29, 2018

“Ngapa lu loncat lontong!”