Pengrajin batu akik di Sulawesi bikin gigi palsu dari batu akik

May 23, 2016
1325 Views

Sepertinya belum ada tanda-tanda batu akik bakal beken lagi kayak tahun lalu. Tapi bukan berarti gak ada yang berinovasi dengan batu akik.

Seorang pengrajin batu akik di Kota Kolaka, Sulawesi Tenggara, Hayung, merombak batu akik menjadi gigi palsu.

“Tetap pakai cangkang seperti pada biasanya. Kalau batu akik itu untuk giginya yang terlebih dahulu kita ukur. Mau ukuran yang bagaimana. Kan tidak semua besaran dan bentuk gigi itu sama. Tergantung pengguna ukuran apa yang menurutnya nyaman,” kata Hayung seperti dikutip Kompas.

Hayung gak cuma ngomong doang lho. Dia sendiri sudah mengganti gigi palsunya dengan deretan batu akik.

“Contohnya yang saya pakai, semua gigi palsu ini dan terbuat dari batu akik. Ada yang jenis kecubung dan lain-lain. Setelah saya pakai gigi palsu dari batu akik rasanya sama seperti gigi asli,” katanya.

Tapi Hayung hanya menganjurkan gigi palsu dari batu akik ini kepada orang-orang yang memang menggunakan gigi palsu. Bukan pada fans batu akik yang sengaja ganti giginya yang sehat berubah jadi batu.

Kami juga ragu gigi palsu ini bisa dijual lagi setelah dipakai.

 

 

Share your thoughts

You may be interested

Kreator Spongebob meninggal, netizen Indonesia bikin meme pengajian
Viral
0 shares26254 views
Viral
0 shares26254 views

Kreator Spongebob meninggal, netizen Indonesia bikin meme pengajian

Batok.co - Nov 30, 2018

Selamat jalan Stephen Hillenburg.

Nyebrangin papan, motornya selamat orangnya nyebur (video)
Viral
0 shares7205 views
Viral
0 shares7205 views

Nyebrangin papan, motornya selamat orangnya nyebur (video)

Batok.co - Nov 29, 2018

“Ngapa lu loncat lontong!”