Kebiasaan orang Indonesia: Belum kenyang kalau belum makan nasi

February 27, 2018
1692 Views

Brosis udah makan siang belum? Jangan lupa makan ya. Gara-gara gak ada yang ngingetin makan bukan berarti skip makan siang, dong.

Ngomong-ngomong soal makan, sebagai orang Indonesia rasanya ada kebiasaan yang gak bisa ditinggalkan, yaitu belum makan kalau gak pakai nasi. Rasanya ada yang kurang gitu kalau belum makan nasi. Makan bakso pun dianggap belum makan alias cuma makanan ringan doang. Kira-kira kenapa ya, orang Indonesia merasa ada yang kurang kalau belum makan nasi?

Menurut Coconuts ada beberapa hal yang mendukung kebiasaan makan harus pakai nasi:

Negara agraris

Foto: Wikimedia Commons/Photo by CEphoto, Uwe Aranas.

Zaman belajar di bangku sekolah dulu, diajarkan bahwa Indonesia adalah negara agraris. Dimana negara kita memiliki penduduk mayoritas yang punya pekerjaan di bidang pertanian. Dari para petani Indonesia, sebagian besar menanam padi yang akhirnya kita konsumsi menjadi nasi. Produksi beras nasional juga semakin meningkat, berarti kebutuhan rakyat Indonesia terhadap nasi masih sangat tinggi.

Makanan pokok

Foto: Wikimedia Commons/FASTILY.

Sebenarnya makanan pokok setiap daerah di Indonesia cukup beragam, tergantung hasil pertanian dari daerah tersebut. Tapi dari berbagai hasil pertanian yang ada, produksinya masih kalah dengan jumlah padi yang dihasilkan Indonesia. Secara umum, orang Indonesia mengkonsumsi nasi untuk makanan sehari-hari. Itu mungkin jadi penyebab utama kita ketergantungan sama nasi. Gak pakai nasi, gak kenyang.

Makanan pengganti dari beras

Foto: Wikimedia Commons/Okkisafire.

Meskipun gak melulu makan nasi, tapi orang Indonesia punya aneka jenis makanan yang terbuat dari beras. Istilahnya produk turunannya nasi gitu, misalnya aja ketupat, lontong, lemper, dan bubur. Memang kelihatannya gak makan nasi, tapi tetap aja komposisi utamanya sama. Bagaimanapun juga mereka tetap nasi dalam wujud yang berbeda.

Kelezatan nasi goreng

Foto: Wikimedia Commons/مانفی.

Hampir semua depan rumah kayaknya pernah dilalui oleh pedagang nasi goreng keliling. Olahan dari nasi yang dinamakan nasi goreng ini populer banget di Indonesia bahkan mancanegara. Saking terkenalnya kelezatan nasi goreng, seorang bule Brazil bela-belain bikin lagu untuk mengungkapkan kelezatan nasi goreng. Ah, gak jadi pengen nyemil kue khas Brazil, Quindim, kalau ingat lezatnya nasi goreng.

Memang ya, kebiasaan makan nasi itu Indonesia banget. Bahkan ada tuh yang makan mie pakai nasi. Kombo deh asupan karbohidratnya.

Share your thoughts

You may be interested

Kreator Spongebob meninggal, netizen Indonesia bikin meme pengajian
Viral
0 shares26133 views
Viral
0 shares26133 views

Kreator Spongebob meninggal, netizen Indonesia bikin meme pengajian

Batok.co - Nov 30, 2018

Selamat jalan Stephen Hillenburg.

Nyebrangin papan, motornya selamat orangnya nyebur (video)
Viral
0 shares7164 views
Viral
0 shares7164 views

Nyebrangin papan, motornya selamat orangnya nyebur (video)

Batok.co - Nov 29, 2018

“Ngapa lu loncat lontong!”