Viral: Netizens takjub dengan postingan anak SMA tentang penggunaan sosmed yang bijak

December 13, 2016
1240 Views

Sebagian orang ketinggalan HP aja udah panik, apalagi gak pegang HP seharian. Gak post apapun di sosmed rasanya ada yang kurang.

Tapi Afi Nihaya Faradisa, anak SMA asal Banyuwangi, Jawa Timur, sengaja gak pake sosmed selama 10 hari dan menuliskan tujuan dan apa yang ia dapatkan dari pengalamannya:

Afi memang pengen bereksperimen untuk tau apa aja yang dia lewatkan selama ini karena penggunaan sosmed yang berlebihan. Dia sadar beberapa hal yang memicu perselisihan disebabkan oleh kemudahan mengakses informasi melalui gadget.

Dia paham banget bahwa apa yang didapat melalui sosmed gak melulu bermanfaat. Orang harus pintar memilih mana yang keren dan mana yang gak, karena gak semua yang dilihat di sosmed bisa dicontoh.

Simak deh beberapa argumen Afi yang menurut kami bijak banget dan sangat melampaui usianya yang belia:

“Kita juga tidak pernah kehabisan alasan untuk saling membenci. Apa-apa dijadikan ‘amunisi’.

Sama-sama manusia, kalau beda negara rusuh. Sama-sama Indonesia, kalau beda agama rusuh. Sama agamanya, beda pandangan juga rusuh. Terus gimana nih maunya?”

“Aku sendiri tidak pernah mengunfriend yang beda pandangan, aku dan kamu bisa bersahabat walaupun kita tidak sepakat. Pernah lihat orang yang penuh permusuhan hidupnya tenang? Bagaimana kita berharap ada bunga yang tumbuh di atas kawah berapi? Yang dirahmati Tuhan adalah hubungan, bukan permusuhan.”

Diri ini merasa lebih baik karena pihak lain terlihat lebih buruk. Kita merasa senang atas ketidakbaikan orang. Tuhan mana yang mendukung karakter seperti itu?”

Duh, andaikan semua orang, terutama yang udah dewasa, bisa berfikir terbuka dan cerdas seperti anak ini ya. Pasti deh negara kita lebih maju.

Saat kami menulis artikel ini, post Afi di Facebook dishare lebih dari 28 ribu kali dan mendapatkan komentar positif dari netizen. Mereka mendukung tindakan Afi sebagai upaya agar anak-anak muda masa kini lebih aware dengan lingkungan sekitar, gak main sosmed melulu.

Share your thoughts

You may be interested

Kreator Spongebob meninggal, netizen Indonesia bikin meme pengajian
Viral
0 shares26340 views
Viral
0 shares26340 views

Kreator Spongebob meninggal, netizen Indonesia bikin meme pengajian

Batok.co - Nov 30, 2018

Selamat jalan Stephen Hillenburg.

Nyebrangin papan, motornya selamat orangnya nyebur (video)
Viral
0 shares7238 views
Viral
0 shares7238 views

Nyebrangin papan, motornya selamat orangnya nyebur (video)

Batok.co - Nov 29, 2018

“Ngapa lu loncat lontong!”