Pengen lihat gerhana matahari total? Berikut jadwal lengkapnya di 8 kota

May 23, 2016
1018 Views

Gak kerasa bentar lagi Indonesia akan diselimuti kegelapan. Bukan, maksud kami bukan malam, tapi kan tanggal 9 Maret 2016 kita bakal bisa lihat gerhana matahari total (GMT) di Indonesia.

Gerhana tahun ini tuh spesial banget buat Indonesia, karena kita bisa lihat secara langsung proses sang bulan menutupi sang surya (gak dilarang pemerintah kayak waktu tahun 1983) di 12 provinsi di Indonesia. Bahkan, ada 11 provinsi yang akan menjadi saksi dari GMT selama 1-3 menit.

Tapi waktu nongol GMT bakal berbeda di setiap daerah nih (yang jelas semuanya pagi banget). Nah, untuk detilnya, Kompas udah mengumpulkan lokasi 8 kota yang pas banget buat lihat GMT dan jam berapa persisnya fenomena ini akan muncul di lokasi tersebut:

1. Pagai Utara, Sumatera Barat (WIB)
Pukul 06.20.22 | Bulan dan matahari mulai bersinggungan
Pukul 07.19.13 | Gerhana Matahari total
Pukul 08.25.45 | Gerhana selesai

2. Palembang, Sumatera Selatan (WIB)
Pukul 06.20.30 | Bulan dan matahari mulai bersinggungan
Pukul 07.21.45 | Gerhana Matahari total
Pukul 08.31.28 | Gerhana selesai

3. Tanjung Pandang, Bangka Belitung (WIB)
Pukul 06.21.06 | Bulan dan matahari mulai bersinggungan
Pukul 07.23.58 | Gerhana Matahari total
Pukul 08.35.48 | Gerhana selesai

4. Palangkaraya, Kalimantan Tengah (WIB)
Pukul 06.23.29 | Bulan dan matahari mulai bersinggungan
Pukul 07.30.12 | Gerhana Matahari total
Pukul 08.46.54 | Gerhana selesai

5. Balikpapan, Kalimantan Timur (WITA)
Pukul 07.25.38 | Bulan dan matahari mulai bersinggungan
Pukul 08.34.26 | Gerhana Matahari total
Pukul 09.53.41 | Gerhana selesai

6. Palu, Sulawesi Tengah (WITA)
Pukul 07.27.51 | Bulan dan matahari mulai bersinggungan
Pukul 08.38.50 | Gerhana Matahari total
Pukul 10.00.35 | Gerhana selesai

7. Ternate, Maluku Utara (WIT)
Pukul 08.36.04 | Bulan dan matahari mulai bersinggungan
Pukul 09.53.01 | Gerhana Matahari total
Pukul 11.20.52 | Gerhana selesai

8. Maba, Maluku Utara (WIT)
Pukul 08.37.01 | Bulan dan matahari mulai bersinggungan
Pukul 09.54.39 | Gerhana Matahari total
Pukul 11.23.06 | Gerhana selesai

Tapi tenang, daerah lain juga bisa lihat gerhana matahari kok, walaupun gak sampai total. Untuk warga Jakarta, berikut ini jadwal yang perlu kamu set di reminder:

Jakarta (WIB)
Pukul 06.19 | Bulan dan matahari mulai bersinggungan
Pukul 07.21 | Gerhana Matahari total (ketertutupan hingga 88,74%)
Pukul 08.31 | Gerhana selesai

Nah, ayo, cepet siapin kacamata gerhana kamu! Jangan lupa berdoa untuk cuaca yang cerah agar kita bisa menyaksikan kebesaran Tuhan ini ya.

 

 

Share your thoughts

You may be interested

Kreator Spongebob meninggal, netizen Indonesia bikin meme pengajian
Viral
0 shares26340 views
Viral
0 shares26340 views

Kreator Spongebob meninggal, netizen Indonesia bikin meme pengajian

Batok.co - Nov 30, 2018

Selamat jalan Stephen Hillenburg.

Nyebrangin papan, motornya selamat orangnya nyebur (video)
Viral
0 shares7238 views
Viral
0 shares7238 views

Nyebrangin papan, motornya selamat orangnya nyebur (video)

Batok.co - Nov 29, 2018

“Ngapa lu loncat lontong!”